Cara Menjadi Programer Untuk Pemula


Oleh: Aguzrybudy,

Tanggal: 21 April 2019

Cara Menjadi seorang programer tidak lah jauh dengan teknologi informasi seperti sekarang ini. Teknologi informasi sekarang sudah menjadi kebutuhan bagi kehidupan kita seperti pengambisa data untuk proyek sekolah, mencari informasi tentang apapun.

Untuk mulai terjun ke dunia pemrograman, mulailah belajar dari yang dasar terlebih dahulu. Karena apabila langsung loncat ke dalam bab yang dalam ditakutkan akan berhenti di tengah jalan. Hal tersebut bisa saja terjadi ketika menemui permasalahan yang sulit tapi karena belum mengereti dasarnya sehingga takut untuk meneruskan belajar.

Menjadi programmer adalah sebuah jalan karir yang menjanjikan. Pada atrikel anda akan mempelajari bagaimana cara mejadi programmer untuk pemula

Pahami Mengapa anda Ingin Mulai Pemrograman

Salah satu langkah paling penting untuk belajar coding dan jadi pemrogram yang layak adalah mengidentifikasi alasan anda untuk memulai program. Duduk dan pikirkan baik-baik tentang pertanyaan-pertanyaan berikut, karena jawaban anda akan membantu anda memutuskan dengan tepat jalan yang harus diambil:

Mengapa anda ingin belajar programming?

Ini adalah pertanyaan yang sangat penting yang harus anda tanyakan pada diri sendiri sebelum melangkah lebih jauh. Apakah anda ingin mengubahnya menjadi karier? Apakah anda memiliki proyek atau konsep yang ingin anda wujudkan sendiri? Atau apakah anda hanya ingin belajar cara menjadi programmer karena itu adalah sesuatu yang 'keren' saat ini? jawab dengan jujur, karena bahasa yang anda pilih untuk belajar akan tergantung pada jawaban anda untuk pertanyaan ini.

Apa yang ingin anda lakukan dengan pengetahuan baru anda?

Sekali lagi, anda perlu mengidentifikasi apa yang ingin anda lakukan dengan pengetahuan pemrograman baru anda. Misalnya, kursus yang perlu anda ambil dan bahasa yang perlu anda pelajari jika anda ingin menjadi pengembang perangkat lunak atau insinyur sistem akan sangat berbeda dengan keterampilan yang anda butuhkan untuk membuat beberapa perubahan pada tata letak blog pribadi anda.

Apakah anda serius belajar program?

Ini pertanyaan yang sangat penting, menekuni cara menjadi programmer merupakan cara mendapatkan pekerjaan di lapangan, atau hanya sekedar iseng saja? Jika anda serius, maka anda harus dapat mengalokasikan waktu sebanyak mungkin untuk mempelajari keterampilan pemrograman sehingga anda dapat mulai bekerja.

Pemrograman seperti apa yang ingin anda lakukan?

Anda harus memikirkan dengan seksama tentang jenis pemrograman yang ingin anda lakukan dan bidang apa yang ingin anda masuki. Apakah anda ingin menjadi pengembang web back-end? Seorang insinyur perangkat lunak? Atau apakah anda ingin mengerjakan sesuatu seperti kecerdasan buatan (AI) atau teknologi baru lainnya? jawaban atas pertanyaan ini akan membantu membentuk jalur pembelajaran yang anda ambil, jadi jujurlah pada diri sendiri.

Setelah anda menjawab pertanyaan-pertanyaan ini dengan jujur ​​dan mencatat jawaban anda, sekarang saatnya untuk beralih ke langkah kedua: memilih jenis pemrograman yang ingin anda lakukan dan kemudian kami akan melanjutkan ke pertanyaan tentang cara menjadi pemrogram.

Tentukan Bidang Apa yang Ingin anda Tuju

Ada berbagai jenis pemrograman. Ketika anda mencari tahu cara belajar programming, anda harus berpikir dengan sangat hati-hati tentang bidang apa yang anda rencanakan untuk mencari pekerjaan. Beberapa jenis pengembang program yang paling populer meliputi:

Pengembang web

Pengembang web selanjutnya dapat dipisahkan menjadi pengembang front-end (sisi klien) dan back-end (sisi server). Pemrogram front-end bertanggung jawab untuk menulis kode yang menentukan seperti apa sebuah situs web dan bagaimana kontennya disajikan. Pemrogram back-end diminta untuk menulis aplikasi web dan program rumit lainnya yang menyediakan kerangka kerja untuk menjalankan situs web.

Pemrogram perangkat lunak

Pemrogram perangkat lunak (software developer) - karena anda mungkin dapat menebak - bertanggung jawab untuk membuat perangkat lunak. Mereka biasanya mengambil desain atau konsep yang telah dibuat oleh orang lain dan menulis kode untuk mengubahnya menjadi produk yang berfungsi.

Data scientist

Data scientist (ilmuwan data) biasanya bekerja dalam penelitian atau akademisi, di mana mereka menggunakan Python hampir secara eksklusif untuk menganalisis dan memanipulasi data ilmiah. Data scientist sering kali adalah peneliti dalam hak mereka sendiri, dan mereka sering menggunakan kode untuk membuat pekerjaan mereka lebih mudah.

Administrator Basis Data

Administrator database memiliki sejumlah gulungan. Mereka terutama bertanggung jawab untuk mengambil sejumlah besar data perusahaan dan mengamankan, mengatur, dan menganalisisnya. Jika anda menyukai statistik dan analisis data konsumen, anda harus melihat lebih dekat apa yang dilakukan oleh administrator database.

Pengembangan aplikasi ponsel pintar

Seiring meningkatnya jumlah pengguna ponsel pintar, permintaan untuk aplikasi seluler baru yang menarik juga bertambah. Pengembangan aplikasi seluler dengan cepat menjadi salah satu bidang pemrograman yang paling menguntungkan, terutama jika anda pandai mengerjakannya sendiri. Pekerjaan lepas sangat umum bagi pemrogram seluler.

Peran lainnya

Di atas adalah beberapa pekerjaan pemrograman yang paling umum. Jika tidak ada yang menarik bagi anda, lakukan penelitian lebih lanjut dan temukan pekerjaan apa yang ada di luar sana. Jabatan dan peran pekerjaan baru terus diciptakan seiring dengan perkembangan teknologi, jadi pastikan anda mengikuti berita dan jaringan industri terbaru dengan sesama pemrogram.

Belajar Satu Bahasa Pemrograman (Atau Tiga)

Setelah anda memilih bidang pemrograman, anda perlu mempelajari bahasa yang relevan dengan bidang itu. Misalnya, anda perlu SQL untuk menjadi administrator basis data, CSS, dan JavaScript untuk menjadi pengembang web front-end, dan sesuatu seperti Java atau Swift jika anda ingin mulai membangun aplikasi seluler.

Di bawah ini adalah beberapa bahasa pemrograman yang paling populer dan penggunaannya. Pastikan anda melakukan riset untuk memastikan bahwa anda mempelajari bahasa yang tepat untuk bidang yang anda harapkan.

Python

Salah satu bahasa pemrograman yang paling fleksibel dan luas di dunia, Python adalah pilihan yang cocok untuk orang yang ingin bekerja dalam ilmu data, pengembangan perangkat lunak, atau hampir semua bidang pemrograman lainnya. Python juga digunakan dalam sejumlah teknologi baru seperti pembelajaran mesin dan kecerdasan buatan.

CSS / HTML

Jika anda ingin masuk ke segala jenis pengembangan web front-end, maka HTML dan CSS adalah mutlak harus. Meskipun mereka adalah dua bahasa yang terpisah, mereka hampir secara eksklusif digunakan bersama untuk membuat halaman web yang menarik dan dirancang dengan cerdas. Pelajari HTML dan CSS bersama-sama dengan kursus Coding Interaktif untuk Pemula.

JavaScript

JavaScript adalah bahasa pemrograman serbaguna lain yang digunakan untuk sejumlah hal. Jika anda ingin belajar cara menjadi pemrogram, JavaScript bisa menjadi tempat yang baik untuk memulai. Ini digunakan untuk desain web front-end interaktif, pengembangan aplikasi web back-end, pengembangan game, dan bahkan dalam robot.

Java

Jika anda ingin mempelajari cara menjadi pemrogram komputer, pelajari Java. Java ada di atas sana dengan Python sebagai salah satu bahasa paling serbaguna di dunia. Sangat mudah dipelajari, bunyinya seperti bahasa Inggris, dan ini adalah favorit di kalangan pemula. Ini digunakan untuk semuanya, mulai dari pengembangan aplikasi seluler Android hingga pengembangan aplikasi web back-end, dan anda dapat mempelajarinya melalui kursus Belajar Java 101.

Swift

Swift baru-baru ini dirilis oleh Apple dengan tujuan membuat pengembangan aplikasi iOS lebih sederhana dan lebih mudah. Ini jauh lebih mudah digunakan daripada C # - bahasa yang biasanya digunakan oleh Apple - dan memungkinkan pemula untuk membangun aplikasi iOS seluler tanpa terlalu banyak kesulitan. Jika anda ingin mempelajari cara menjadi pemrogram untuk aplikasi iOS, pelajari Swift! Kursus belajar programming Swift adalah pilihan yang bagus untuk memulai.

Solidity

Jika anda ingin tahu bagaimana belajar coding dan jadi pemrogram yang bekerja dengan teknologi blockchain, maka Solidity adalah jawaban anda. Soliditas mungkin adalah bahasa pemrograman yang paling tidak terkenal dan paling tidak populer dalam daftar ini. Ini digunakan untuk mengembangkan kontrak pintar pada blockchain Ethereum. Munculnya cryptocurrency dan blockchain telah menyebabkan peningkatan permintaan untuk pengembang Solidity, itulah sebabnya kami memasukkannya di sini.

Ruby

Bahasa terakhir dalam daftar kami, Ruby, telah menjadi populer karena penggunaannya sebagai bahasa pengembangan web full-stack. Awalnya dirancang di Jepang untuk membuat game, Ruby adalah bahasa serbaguna lain dengan sejumlah kasus penggunaan, dan itu layak dipertimbangkan jika anda ingin masuk ke pengembangan web atau game. Lihatlah kursus Pelajari Ruby on Rail jika anda tertarik.

Berlatih, Berlatih & Berlatih Lebih Banyak Lagi

Jadi anda ingin tahu cara menjadi programmer? Nah, ini sedikit rahasia untuk anda:

anda harus berlatih. anda harus banyak berlatih!

Itu benar (tidak mengejutkan), kunci cara menjadi programmer yang baik adalah latihan! Berlatih menulis kode sejak anda mulai belajar. Unduh editor kode di browser anda dan tulis program kecil anda sendiri. Bagikan itu dan minta orang lain untuk mengkritik kode anda. Cobalah dan pelajari sesuatu yang baru setiap hari, dan berlatih sampai anda benar-benar fasih dalam semua aspek bahasa pilihan anda.

Mulai Membangun Portofolio Pekerjaan

Saat anda berlatih, anda harus mulai membangun portofolio. Ingin tahu cara menjadi pemrogram komputer? Nah, salah satu kuncinya adalah memiliki portofolio yang layak yang dapat anda tunjukkan kepada calon pemberi kerja.

Ketika anda pergi untuk melamar pekerjaan sebagai programmer entry level, ingat bahwa mungkin ada setidaknya beberapa orang lain yang melamar pekerjaan yang sama. anda perlu melakukan sesuatu yang membuat anda menonjol di atas dan di depan orang banyak. Portofolio adalah cara terbaik untuk melakukan ini.

Saat anda belajar bagaimana belajar coding jadi programmer, simpan semua bit kode yang anda tulis. Simpan di suatu tempat - situs web adalah ide bagus, karena anda dapat menyesuaikan atau bahkan membuatnya menggunakan pengetahuan pengkodean anda - dan membuatnya dapat diakses oleh calon pemberi kerja saat anda melamar pekerjaan.

Melamar Pekerjaan

Saat ini anda sudah berada di jalur yang tepat dalam belajar cara menjadi programmer yang baik. anda telah memilih bidang pemrograman, anda sudah mulai mempelajari keterampilan dan bahasa pemrograman yang anda perlukan, dan anda sudah mulai berlatih menulis kode anda sendiri. anda telah menyusun portofolio yang memamerkan semua pekerjaan anda, dan anda (semoga) membuat resume baru.

anda mungkin sudah menebaknya, tetapi sekarang saatnya untuk mulai melamar pekerjaan! Cari pekerjaan pemrograman level awal yang terkait dengan bahasa yang telah anda pelajari dan jenis pemrograman yang ingin anda lakukan. Kirimkan resume anda dan informasi lain yang diinginkan oleh calon pemberi kerja, dan jauhkan jari anda saat anda menunggu balasan.

Bahkan jika anda tidak mendengar kabar dari lamaran pekerjaan apa pun untuk sementara waktu, tindakan melamar yang sederhana adalah praktik yang baik. Dengan cara yang sama, jangan berharap mendapatkan pekerjaan dari wawancara pertama anda. Jika anda belum melakukan wawancara untuk pekerjaan serius sebelumnya, anda mungkin akan gugup dan anda mungkin membuat kesalahan. Pertimbangkan beberapa praktik wawancara pertama anda. Terus melamar, dan pada akhirnya anda akan ditawari pekerjaan pertama anda sebagai pengembang program profesional!

Sementara itu, pertimbangkan untuk mengambil pekerjaan lepas untuk terus mengasah keterampilan anda dan memastikan bahwa keterampilan pemrograman anda tidak menjadi berkarat.

Jangan Pernah Berhenti Belajar!

Seperti yang dapat anda bayangkan, seorang programmer adalah pekerjaan di bidang yang sedang berkembang pesat. Belajar cara menjadi programmer hari ini tidak akan selalu memberi anda keterampilan yang anda butuhkan untuk tetap menjadi pemrogram yang baik untuk beberapa dekade mendatang. anda harus terus belajar keterampilan baru dan bahasa baru.

Ada berbagai latihan yang bagus untuk mencoba dan mempelajari sesuatu yang baru setiap hari. Ini bisa berupa potongan sintaks baru, alat baru yang dapat anda gunakan dengan bahasa favorit anda, atau cara baru menulis program. Tidak masalah, selama anda terus belajar!

Sampai disini dulu tips dari saya dan nantikan tips lainnya, Semoga tips ini bermanfaat bagi anda yang ingin menjadi seorang programmer, atas segala kekuranganya mohon dimaafkan dan jika ingin bertanya silahkan tinggalkan komentar.

Like, share & komen untuk dukung terus website ini agar terus berkembang, terimakasih.

Tags

Share Article